KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MATERI PROSKOM TNI UNTUK CAPRASIS DIKMA PA PK TNI ADALAH MERUPAKAN SALAH SATU GIAT OPSDIK PADA KURIKULUM SATDIKMA PA PK TNI YANG DILAKSANAKAN SETIAP TAHUN SEKALI SECARA BERTAHAP BERTINGKAT DAN BERLANJUT SESUAI TUJUAN PENDIDIKAN.

SEDANGKAN MAKSUD DAN TUJUANNYA DIBERIKAN MATERI PROSKOM TNI TERSIRAT SBG SALAH SATU PEDOMAN CAPRASIS PADA SAAT MELAKSANAKAN KEGIATAN LATIHAN BERGANDA DI POS KOMPUR DENGAN TUJUAN AGAR CAPRASIS DAPAT MENGATASI TROUBLE YANG TERJADI PADA ALKOM YANG DIGUNAKAN SEBAGAI PERAGAAN SAMPAI ALKOM TERSEBUT  BISA BERFUNGSI KEMBALI.

ADAPUN MATERI PROSKOM ITU SENDIRI TERDIRI DARI PELAJARAN TEORI DAN PELAJARAN PRAKTIK DENGAN TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS  AGAR CAPRASIS MENGETAHUI DAN DAPAT MENJELASKAN MATERI PROSKOM SECARA TERBATAS.

TERKAIT DENGAN PELAJARAN TEORI PROSKOM TNI, MATERI YANG DIBERIKAN ANTARA  LAIN TENTANG PENGETAHUAN ALKOM, PROSEDUR RADIO TELEPHONI DAN KOMUNIKASI CARAKA SEDANGKAN MATERI PRAKTIKNYA ADALAH BAGAIMANA CARA  MENGINSTAL DAN MEMBONGKAR  RADIO PRC 77 SERTA BAGAIMANA CARA  BERBICARA MENGGUNAKAN ALKOM RADIO DENGAN BAIK DAN BENAR SESUAI PROSEDUR RADIO TELEPHONI.

UNTUK PELAJARAN TEORI DENGAN RULING KEUNTUNGAN PENGGUNAAN ALKOM,PROSEDUR RADIO TELEPHONI DAN KOMUNIKASI CARAKA SERTA EVALUASI DILAKSANAKAN OLEH GUMIL – GUMIL  DARI AKMIL YANG BERKUALIFIKASI SUSGUMIL DAN PA CORP HUB YANG SUDAH PERNAH BERPENGALAMAN DI SATUAN TEMPUR DAN PELAKSANAANYA DI KOMPLEK KLAS  E ,SEDANGKAN UNTUK PRAKTIKNYA YAITU BONGKAR PASANG RADIO PRC 77 DAN KOMUNIKASI RADIO HT DAN PRC 77 DILAKSANAKAN DI KOMPLEK AREAL KLAS F.

PADA TAHUN INI UNTUK PELAKSANAAN PRAKTIK PROSEDUR KOMUNIKASI TNI ADA PENAMBAHAN ALKOM SEBAGAI  ALAT PERAGAANNYA  SELAIN RADIO PRC 77 DITAMBAHKAN ALKOM  RADIO HT UHF YANG MEMPUNYAI DATA TEHNIS YANG BERBEDA DENGAN RADIO PRC 77.

BERIKUT INI ADALAH MEKANISME PELAKSANAAN LATIHAN PRAKTIK PROSKOM TNI UNTUK CAPRASIS REGULER DIKMA PA PK TNI TP.2019 BESERTA DOKUMENTASI NYA SBB :

DIAWALI DENGAN KEGIATAN SELURUH CAPRASIS DIKMA PA PK TNI REGULER   SEJUMLAH 170 ORANG TERDIRI DARI 142 ORANG PRIA DAN 28 ORANG WANITA ,

DANLAT MENJELASKAN TTG TUJUAN SASARAN SERTA HAL- HAL YANG HARUS DIIKUTI DAN HAL-HAL YANG             DILARANG PADA SAAT PELAKSANAAN LAT PRAKTIK  PROSKOM TNI DI LAPANGAN KLAS F.

PIMPUMLAT SEDANG MENGINSPEKSI CAPRASIS DENGAN PERSOALAN TTG PRC 77

KORMAT DAN PELATIH SEDANG MEMPERAGAKAN CARA BONGKAR PRC 77

CAPRASIS SETENGAH KEKUATAN SEDANG MELAKSANAKAN PRAKTIK PROSEDUR RADIO TELEPHONI

CAPRASIS MELAKSANAKAN KIRM TERIMA BERITA MENGGUNAKAN HT UHF.

CAPRASIS MELAKSANAKAN BONGKAR PASANG RADIO PRC 77.

CAPRASIS SEDANG MELAKSANAKAN UJIAN KUIS .

SELURUH CAPRASIS SEDANG MELAKSANAKAN UJIAN KUIS .

SETELAH KEGIATAN PRAKTIK SELESAI ,CAPRASIS MELAKSANAKAN UJIAN TERTULIS BERUPA SOAL KUIS

SECARA SERENTAK SELAMA 15 MENIT DENGAN PENGAWASAN PARA PELATIH,KEMUDIAN DIADAKAN EVALUASI SELURUH KEGIATAN PRAKTIK DAN PENEKANAN-PENEKANAN SELURUH MATERI YANG TELAH DIBERIKAN SEBELUMNYA OLEH WADANLAT.

WADANLAT MENYERAHKAN CAPRASIS KE PENGASUH SATDIKMAPA PK TNI